Selasa, 19 Februari 2013

Jaringan Komputer dan LAN

Jaringan Komputer


Pengertian Jaringan Komputer

       Jaringan Komputer mempunyai definisi yaitu sekumpulan komputer beserta perangkat-perangkat lain sebagai pendukung komputer yang saling terhubung satu sama lain dalam satu kesatuan. Media jaringan komputer bisa tanpa kabel dan bisa melalui kabel, hal ini memungkinkan pengguna jaringan komputer dapat saling bertukar informasi, misalnya data atau dokumen, dapat mencetak melalui printer yang sama di dalam satu jaringan yang sama, dapat saling berkomunikasi antara pengguna satu dengan lainnya (email, chatting), untuk mengakses informasi (web browsing).

Di dalam sebuah jaringan komputer ada dua pihak yang saling beinteraksi untuk mencapai tujuan yang sama yaitu pihak client dan pihat server. Pihak client adalah pihak yang menerima atau meminta layanan, sedangkan pihak server adalah pihak yang mengirim atau mengirimkan layanan. Selain itu dalam sebuah jaringan komputer terdapat puluhan, ribuan, dan bahkan jutaan node. Node merupakan setiap komputer atau perangkat lain yang terhubung dalam suatu jaringan.


Berdasarkan fungsinya, jaringan komputer memiliki dua jenis, yaitu client-server dan peer-to-peer. Client Server yaitu jaringan komputer yang memiliki sebuah komputer yang dijadikan sebagai server. Peer-to-peer yaitu jaringan komputer yang memungkinkan setiap host dapat menjadi server maupun client secara bersama-sama.

Sejarah Jaringan Komputer
   
       Sejarah jaringan komputer global ( dunia ), dimulaipada tahun 1969, ketika Departemen Pertahan Amerika, membentuk Defense Advance Research Projects Agency ( DARPA ) yang bertujuan mengadakan riset mengenai cara menghubungkan sejumlah komputer sehingga membentuk jaringan organik .
Program riset ini kemudian dikenal dengan nama ARPANET ( Advance Research projects Agency Network ). pada tahun 1970, lebih dari 10 komputer telah berhasil dihubungkan ( satu dengan yang lain ), saling berkomunikasi, dan membentuk sebuah jaringan. pada atahun 1972, Roy Tomlinson berhasil menyempurnakan program e-mail yang ia ciptakan setahun yang lalu untuk riset ARPANET.
Program e-mail tersebut begitu mudah dan lansung populer saat itu. pada tahun yang sama, icon [@] diperkenalkan sebagai lambang yang menunjukkan “at” atau “pada”. Tahun 1973, jaringan komputer yang diberi nama ARPANET mulai dikembangkan meluas sampai luar Amerika Serikat. komputer di University College di London merupakan komputer diluar Amerika yang menjadi anggota jaringan ARPANET.  Pada tahun yang sama pula, dua orang ahli komputer Vinton Cerf dan Bob Khan mempresentasikan sebuah gagasan yang lebih besar yang menjadi cikal bakal pemikiran International Network. ide ini dipresentasikan untuk pertama kalinya di Sussex University.
Hari bersejarah berikutnya terjadi pada tanggal 26 Maret 1976. ketika itu, ratu Inggris berhasil mengirimkan sebuah e-mail dari Royal Signals and Radar Establishment di Malvern. setahun kemudian, lebih dari 100 komputer telah bergabung dalam system ARPANET dan membentuk sebuah jaringan atau network.
Pada tahun 1979, Tom Truscott, Jim Ellis, dan Steve Bellovin menciptakan Newsgroups pertama yang diberi nama USENET ( User Network ). pada tahun 1981, France Telecommenciptakan sebuah gebrakan baru dengan meluncurkan telepon televisi pertama dunia ( orang dapat saling menelepon sambil berinteraksi denagan Video link ).
seiring dengan bertambahnya komputer yang membentuk jaringan, dibutuhkan sebuah protokol resmi yang dapat diakui dan diterima oleh semua jaringan. untuk itu, pada tahun 1982 dibentuk sebuah komisi Transmission Control Protocol ( TCP ) atau lebih dikenal dengan sebutan Internet Protocol ( IP ) yang kita kenal hingga saat ini. sementara itu, didaratan Eropa muncul sebuah jaringan tandingan yang dikenal dengan Europe Network ( EUNET ) yang meliputi wilayah Belanda, Inggris, Denmark, dan Swedia. Jaringan eunet ini menyediakan jasa e-mail dan newsgroup USENET.
       Untuk menyeragamkan alamat jaringan komputer yang sudah ada, pada tahun 1984 diperkenalkan system dengan nama DOMAIN yang lebih dikenal dengan Domain Name System ( DNS ). dengan system DNS, komputer yang tersambung dengan jaringan melebihi 1.000 komputer. pada tahun 1987 diperkirakan komputer yang tersambung ke jaringan tersebut melonjak 10 kali lipat menjadi 10.000 komputer lebih.
Tahun 1988, Jarkko Oikarinen berkebangsaan Finlandia menemukan sekaligus memperkenalkan Internet Relay Chat atau lebih dikenal dengan IRC yang memungkinkan dua orang atau lebih pengguna komputer dapat berinteraksi secara langsung dengan pengiriman pesan ( Chatting ). akibatnya, setahun kemudian jumlah komputer yang saling berhubungan melonjak 10 kali lipat. tak kurang dari 100.000 komputer membentuk sebuah jaringan.pertengahan tahun 1990 merupakan tahun yang paling bersejarah, ketika Tim Berners Lee merancang sebuah programe editor dan browser yang dapat menjelajai komputer yang satu dengan yang lainnya dengan membentuk jaringan. programe inilah yang disebut WWW atau World Wide Web.
       Tahun 1992, komputer yang saling tersambung membentuk jaringan sudah melampaui lebih dari stau juta komputer. pada tahun yang sama muncul satu istilah yang beken, yaitu Surfing ( Menjelajah ). tahun 1994, situs-situs Dunia mulai tumbuh dengan subur ( setidaknya, saat itu terdapat 3.000 alamat halaman ) dan bentuk pertama kalinya Virtual Shopping atau e-retail muncul diberbagai situs. Dunia langsung berubah dengan diluncurkannya perusahaan Search Engine Pertama, yaitu Yahoo!. yang dibangun oleh David Filo dan Jerry yang pada bulan April 1994. Netscape Navigator 1.0. diluncurkan dipenghujung tahun 1994 .

Manfaat Jaringan Komputer

1. Sebagai sharing resources
Yang bertujuan agar seluruh peralatan, program, dan peripheral lainnya dapat dimanfaatkan oleh setiap pengguna di dalam jaringan komputer tersebut.

2. Sebagai pengembangan dan pemeliharaan peralatan
Dengan adanya jaringan komputer pengembangan peralatan akan lebih mudah dan sekaligus bisa menghemat biaya, sebab setiap pembelian komponen-komponen seperti printer maka cukup membeli satu buah saja, sehingga satu printer tersebut dapat digunakan secara bersama. Selain itu jaringan komputer juga memudahkan pengguna (user) dalam merawat harddisk dan perangkat lainnya, contohnya saat memberikan perlindungan dari serangan virus, cukup memusatkan perhatian pada harddisk komputer pusat saja.

3. Sebagai media komunikasi yang efektif
Jaringan komputer bisa membuat terjadinya komunikasi antar pengguna satu dengan yang lainnya, baik untuk mengirim informasi atau pesan yang penting maupun untuk teleconference.

4. Sebagai keamanan data
Melalui sistem jaringan komputer, data yang tersimpan akan lebih aman karena hanya disimpan di komputer pusat yang hanya bisa diakses oleh para pengguna yang memiliki hak akses.

5. Sebagai integrasi data
Dengan adanya jaringan komputer, maka ketergantungan pada komputer pusat dapat berkurang, karena setiap pemrosesan data tidak semuanya dilakukan oleh satu komputer saja, namun bisa diproses di komputer lainnya. Maka dari itu jaringan komputer dapat membentuk integrasi data yang memudahkan pengguna untuk mengolah dan memperoleh informasi setiap saat.

LAN ( Local Area Network )

Pengertian Lan

       LAN atau Local Area Network sebetulnya lebih mudah difahami. LAN adalah sebuah jaringan internal yang memiliki kapasitas atau radius yang kecil. Berbeda halnya dengan internet yang memiliki cakupan akses yang mendunia, maka LAN atau local area network hanya berlaku di area area tertentu yang memasangnya, hal ini dikarenakan jaringan yang dibuat masih menggunakan sistem sambungan kabel. Bagi perusahaan, penggunaan Local Area Network sangat diperlukan. Tujuannya agar sesame personil perusahaan bisa sharing dokumen, informasi atau hal lainnya. Dengan adanya LAN, bisa membuat seorang direktur yang berada di lantai 10, bisa memberikan infomasi tugas berupa data, dokumen, file, dan lain sebagainya dengan semua karyawannya, bahkan yang berada di lantai 1.

       Installasi LAN pada dasarnya hampir sama dengan pemasangan jaringan internet untuk warnet, yaitu menghubungkan antara komputer dengan perangkat komputer lainnya menggunakan kabel UTP. Setiap komputer yang dihubungkan tersebut bisa digunakan untuk saling bertukan informasi dan bisa menggunakan sumber daya atau resource yang sama.

Untuk jaringan LAN, kebanyakan yang digunakan adalah teknologi Ethernet IEEE 802,3. Untuk kecepatannya, tentunya tergantung kepada basis teknologi yang digunakan, sebagai dasarnya paling rendah adalah 10 mbps dan paling cepatnya adalah 1000 mbps.
Pengertian LAN sudah pasti dimengerti oleh pihak pihak yang berkutat dalam organisasi, seperti komunitas dan perusahaan, karena mereka sudah pasti mempergunakannya.
     
      Namun, untuk lebih lanjut mengenai pengertian LAN bisa dipastikan tidak banyak orang yang tahu, bahwa LAN terdiri dari beberapa komponen, yaitu :

• Server : merupakan sebuah pusat data sumber daya (resource).
• Network Software : sebuah LAN baru akan bisa difungsikan dengan memasang netwok software. Tanpa ini, maka LAN belum bisa digunakan.
• Workstation : perangkat komputer yang dihubungkan ke server agar bisa mengambil resource.
• Link : yaitu tautan antara server dengan workstation yang dihubungkan dengan kabel.
Keuntungan jaringan LAN adalah untuk file sharing (pertukaran file), dapat memakai satu printer yang digunakan untuk seluruh pengguna (printer sharing), data-data yang disimpan pada server dapat diakses oleh semua pengguna dengan LAN sebagai perantaranya, file yang masuk atau keluar dari atau ke server bisa dikendalikan, proses back up data akan menjadi mudah dan cepat, memperkecil resiko kehilangan data yang disebabkan oleh virus komputer, dan komunikasi antar pengguna dapat dilakukan dengan menggunakan chat dan email.

Ciri – Ciri LAN

  • Lingkup lebih kecil
  • Biasanya dimiliki oleh organisasi yang mempunyai alat yang sama.
  • Data rates jauh lebih tinggi.
  • Biasanya digunakan sistem broadcast.

“Sekarang sistem switched dan ATM mulai dikenalkan.”

“ Komponen-komponen Dasar LAN “ 

1. Workstation
Workstation merupakan node atau host yang berupa suatu sistem computer.

2. Server
Perangkat keras (hardware) yang berfungsi untuk melayani jaringan dan
workstation yang terhubung pada jaringan tersebut.

3. Link (hubungan)
Workstation dan server tidak dapat berfungsi apabila peralatan tersebut secara fisik tidak terhubung.

Beberapa contoh dari kabel link adalah :
1. Kabel Twisted Pair
a. Kabel ini terbagi dua, yaitu Shielded Twisted Pair dan Unshielded Twisted
Pair(UTP)
b. Lebih banyak dikenal karena merupakan kabel telpon
c. Relatif murah
d. Jarak yang pendek
e. Mudah terpengaruh oleh gangguan
f. Kecepatan data yang dapat didukung terbatas, 10-16 Mbps.


2. Kabel Coaxial
a. Umumnya digunakan pada televisi
b. Jarak yang relatif lebih jauh
c. Kecepatan pengiriman data lebih tinggi di banding Twisted Pair, 30 Mbps
d. Harga yang relatif tidak mahal
e. Ukurannya lebih besar dari Twisted Pair

3. Kabel Fiber Optic
a. Jarak yang jauh
b. Kecepatan data yang tinggi, 100 Mbps
c. Ukuran yang relatif kecil
d. Sulit dipengaruhi gangguan
e. Harga yang relatif masih mahal
f. Instalasi yang relatif sulit

4.Network Interface Card (NIC)
Suatu workstation tidak dihubungkan secara langsung dengan kabel jaringan ataupun tranceiver cable, tetapi melalui suatu rangkaian elektronika yang dirancang khusus untuk menangani network protocol yang dikenal dengan

5.Network Software
Tanpa adanya software jaringan maka jaringan tersebut tidak akan bekerja sebagaimana yang dikehendaki. Software ini juga yang memungkinkan sistem komputer yang satu berkomunikasi dengan sistem komputer yang lain.

Peralatan Pendukung LAN
1.   Repeater
o Pada OSI, bekerja pada lapisan Physical
o Meneruskan dan memperkuat sinyal
o Banyak digunakan pada topologi Bus
o Penggunaannya mudah dan Harga yang relatif murah
o Tidak memiliki pengetahuan tentang alamat tujuan sehingga penyampaian data secara broadcast
o Hanya memiliki satu domain collision sehingga bila salah satu port sibuk maka port-port yang lain harus menunggu.
2.   Hub
 - Bekerja pada lapisan Physical
 - Meneruskan sinyal
 - Tidak memiliki pengetahuan tentang alamat tujuan
 - Penggunaannya relatif mudah dan harga yang terjangkau
 - Hanya memiliki satu buah domain collision

3.    Bridge
 > Bekerja di lapisan Data Link
 > Telah menggunakan alamat-alamat untuk meneruskan data ke tujuannya
 > Secara otomatis membuat tabel penterjemah untuk diterimamasing - masing port


4.     Switch
o Bekerja di lapisan Data Link
o Setiap port didalam swith memiliki domain collision sendiri-sendiri
o Memiliki tabel penterjemah pusat yang memiliki daftar penterjemah untuk
semua port
o Memungkinkan transmisi secara full duflex (dua arah)

5.     Router
 * Router berfungsi menyaring atau memfilter lalu lintas data
 * Menentukan dan memilih jalur alternatif yang akan dilalui oleh data
 * Menghubungkan antar jaringan LAN, bahkan dengan WAN

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar